All @bout Motret & diPotret

Indahnya Desa Sawarna ( part I )

Sawarna, setelah berkali – kali mendengar kata tersebut sungguh membuat ku sangat terusik untuk mencumbu dan membelai  indahnya desa sawarna.  Sawarna sebuah desa wisata yang terletak di kecamatan bayah,lebak banten yang kira-kira berjarak ± 230 km dari Ibukota Jakarta .

Lokasi Desa Sawarna ( Google Map )

Desa yang di kelilingi hutan yang rimbun dan sejuk serta di batasi oleh Samudera Hindia menambah eksotisme desa tersebut. Akses ke desa yang lumayan jauh dari jalan besar membuat desa tersebut semakin exclusive. Keinginan yang menggebu ingin mencumbu sawarna bersambut indah, sekelompok anak manusia pemburu keindahan Sang Maha Pencipta yang tergabung dalam Backpacker Indonesia mengajak untuk menyatroni desa tersebut. Setelah discuss yang alot  ttg teknis eksekusi, jumlah peserta dan kapan kita berangkat akhirnya kita sepakati keberangkatan ke sawarna di tentukan tanggal 10 – 12 Juni 2011. Dikarenakan para pemburu tadi berasal dari beberapa kota yang berbeda, disepakati ada 2 meeting point, di bogor dan di palabuhan ratu. Akhirnya rute yang dipilih JKT – BOGOR  – Pelabuhan Ratu dan Bandung – Palabuhan Ratu.

Akhirnya hari itu pun tiba,Setelah packing serta menyiapkan kamera beserta hulubalangnya pada  jumat sore tanggal 10 Juni 2011 saya berangkat dari Jakarta menuju terminal bogor, janjian dengan teman yang suka motret juga di halte sunter. Sayang sekali temen tadi ada urusan kerja mendadak ,dengan sangat terpaksa saya berangkat sendiri ke baranang siang bogor.  Setelah peserta terkumpul semua di terminal baranang siang, Sekitar jam 21.00  kita  naik bis menuju pelabuhan ratu. Sepanjang perjalanan di bis kita dicekoki music – music sunda, dan pop melayu abis. Dari semua lagu ada yang bikin gw inget dan terngiang terus lagu tersebut, lirik yang gokil abis  & renyah,music yang easy listening, bikin gw suka ma lagu tersebut. Sekedar share ini lagunya  http://www.4shared.com/audio/lfQ470do/28Doel_Sumbang_-_Kondom.htm  Disamping lagu lagu kocak yang mengocok perut, ternyata gaya nyetir si abang sopir juga bikin perut terkocok kocok. Efek ngebut si abang, ban bis nya sampe bocor 2 kali.  Setelah perjalanan yang amazing akhirnya sekitar pukul 01.00 kita sampai juga dengan selamat ( Alhamdullilah, mengingat gaya nyetirnya si abang ) di pelabuhan ratu. Kita langsung menuju ke tempatnya dita, untuk mandi dan tidur sejenak untuk melanjutkan perjalanan pagi nanti ke sawarna. Bener- bener berterima kasih ke dita atas hospitality nya, memberikan tempat untuk istirahat. Sekitar jam 02.00 rombongan dari bandung tiba juga di tempat dita.

Pagi harinya sebelum berangkat ke sawarna, kita sempetin  sarapan bubur plus plus dulu ( bubur plus plus = bubur ketika hampir habis baru tahu, ada lalat di dalam bubur ). Alhamdulilah dapat tambahan protein lagi.  Dasar suka motret, gatel rasanya klo pas jalan tangan ga mencet shutter kamera.

Pagi di Palabuhan Ratu

Jadi inget kata – kata sakti tukang potret terkenal “ Seorang fotografer adalah seorang pengembara semesta yang berjalan, memandang dan memotret “ . Setelah puas bercumbu dengan kamera tercintaku, kita prepare untuk berangkat ke sawarna.

Transportasi ke sawarna kita naik elf, tanpa memperhitungkan factor safety kita semua naik ( 23 orang + satu driver + satu co driver ) konsekuensinya 4 orang temen kita naik di atas elf,wow.  Karena penumpang yang overload, kita sempet di hentikan di depan kantor polisi, kebetulan ada operasi kecil. Tapi amazing lagi, mobil masih di perkenankan melanjutkan perjalanan, wow… amazing Indonesia raya. Sepanjang perjalanan kita di suguhi indahnya pantai dan hijau nya pohon – pohon yang tumbuh subur. Tergoda keindahan pantai di sepanjang jalan, kita berhenti sejenak di pantai Karang Hawu.

Pantai Karang Hawu

Setelah memotret indahnya pantai, temen – temen bernarsis ria di pantai.

Sesaat sebelum basah

Ombak karang hawu siang itu

Walaupun sebagian basah kuyup tapi wajah – wajah mereka terlihat bahagia dan sangat menikmati keadaan tersebut. Setelah puas bernarsis ria, perjalanan dilanjutkan. Setelah menempuh perjalanan skitar 2 -3 jaman dengan medan yang naik turun serta jalanan yang sempit  tp cukup menghibur karena indahnya panorama di sepanjang perjalanan.

Finally sekitar jam 12 siang, sampailah kita di desa sawarna. Akses masuk ke desa sawarna adalah sebuah jembatan gantung  yang melintang di atas sungai yang mengalir deras. Biaya masuk ke desa sawarna sebesar Rp. 2000 untuk perbaikan dan biaya maintenance jembatan gantung tersebut.

Desa sawarna

Jembatan gantung, akses ke desa sawarna

Tanpa menunggu lama kita menuju ke penginapan yang sudah kita pesan sebelumnya. Perjalanan menuju penginapan melalu jalan setapak yang kecil, dikiri kanan jalan ada rumah – rumah penduduk.

Perjalanan menuju penginapan

Tampak beberapa warga sedang beraktifitas di rumah mereka. Suasana pedesaannya benar – benar terasa. Penginapannya lumayan bagus, sebuah bangunan baru berlantai dua, yang sekelilingnya areal persawahan yang hijau, sungguh suasana yang menyejukkan hati. Pemilik penginapan bernama mas sofi, orangnya ramah & welcome banget. Setelah beristirahat sejenak, mandi,makan  dan sholat. Kita bersiap untuk trekking ke gua lalay, lagoon pari dan pantai tanjung layar untuk berburu sunset.

Bersambung

10 responses

  1. pertamax gan🙂

    Si Zaki ngelihatin siapa tuuh?

    June 20, 2011 at 10:30

    • hahaha.. si zaki ngliatin anak kecil yang ga pake baju itu fit ;-))

      June 20, 2011 at 13:30

  2. ngomongin orang aja lu wan

    markampret

    June 20, 2011 at 14:13

    • hhahahaa… massssaaaaa zak???? lo di omongin dimana aja ko tau sih???😉

      June 20, 2011 at 14:23

  3. suka sama fotonya…. yang human interest ada nggak? di expossure zoom nya, biar keliatan guratan wajah wajah object nya… manstabb!!

    June 21, 2011 at 19:17

    • hahaha,,,, sabar masih nyari yang pas😉

      July 4, 2011 at 18:49

  4. mila

    semakin tambah ingin ke sana…….

    June 27, 2011 at 09:25

  5. Hebat, bisa dapet momen saat terkena cipratan air laut.:mrgreen:

    July 4, 2011 at 13:30

    • intinya sabar menanti bro🙂

      July 4, 2011 at 18:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s